Thursday, May 23, 2013

Kenalkan Pestisida Organik di LMDH Alas Rejo

LMDH Alas Rejo Desa Sambongrejo kecamatan Sambong yang berada di bawah naungan KPH Cepu, pada tanggal 23 Mei 2012 bekerjasama dengan KPH Cepu dan TFT melaksanakan training pembuatan pestisida organik.
Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan pestisida organik lebih khususnya pestisida nabati sebagai alternatif pengganti pestisida kimia yang saat ini masih sering dan banyak digunakan oleh pesanggem. Dengan semakin meningkatnya pemahaman pesanggem akan dampak negatif dari pestisida kimia dan didukung oleh kebijakan KPH Cepu yang meminimalkan penggunaan pestisida kimia di dalam hutan telah mendorong LMDH Alas Rejo untuk memperkenalkan pestisida organik kepada anggotanya.
Pestisida nabati yang dikenalkan semua bahan dasarnya ada di sekitar hutan dan tersedia dalam jumlah yang melimpah. Misalnya daun mimba (Azadirachta indica), biji mahoni, umbi gadung, empon-empon  dan lain-lain yang dapat dimanfaatkan sebagai insektisida nabati yang ramah lingkungan. Selain mudah memperoleh bahannya, cara meraciknya pun sangat mudah dan sederhana, cukup dengan menghaluskan bahan-bahan tersebut, kemudian merendamnya selama minimal 1 malam, disaring kemudian diencerkan dan siap digunakan di lapangan.
Yang jadi permasalahannya saat ini adalah bagaimana mendorong pesanggem untuk mencoba mengimplementasikannya dan menjadikan budaya dalam pola pertaniannya di dalam hutan dan luar hutan. Ketua LMDH Alas Rejo berkeinginan untuk menerapkannya di seluruh anggotanya.

No comments: